1. Pengertian Emotive Behavior Therapy
Konseling
rational emotive behavior atau lebih tepatnya disebut rational emotive behavior
therapy ( REBT) dikembangkan oleh Albert Ellis pada tahun 1962. Rasional
emotive adalah aliran yang berusaha memahami manusia sebagaimana adanya.
Manusia adalah subjek yang sadar akan dirinya dan sadar akan objek-objek yang
dihadapinya. Manusia adalah makhluk berbuat dan berkembang dan merupakan
individu dalam satu kesatuan yang berarti manusia bebas, berpikir, bernafas,
dan berkehendak. (Willis, 2004 : 75)
Menurut Ellis
(dalam Latipun, 2001 : 92) berpandangan bahwa REBT merupakan terapi yang sangat
komprehensif, yang menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan emosi,
kognisi, dan perilaku.
Pandangan dari Rational
Emotive Therapy
Pandangan dari pendekatan rational emotive tentang kepribadian dapat dikaji dari konsep-konsep teori Albert Ellis. Ada tiga pilar yang membangun tingkah laku individu, kerangka pilar ini yang kemudian dikenal dengan teori ABC, yaitu :
Pandangan dari pendekatan rational emotive tentang kepribadian dapat dikaji dari konsep-konsep teori Albert Ellis. Ada tiga pilar yang membangun tingkah laku individu, kerangka pilar ini yang kemudian dikenal dengan teori ABC, yaitu :
- Antecedent event (A)
Antecedent event (A) yaitu segenap peristiwa luar yang dialami
individu. Peristiwa pendahulu yang berupa fakta, kejadian, tingkah laku atau
sikap orang lain. Perceraian suatu keluarga, kelulusan bagi siswa dan seleksi
masuk bagi calon karyawan merupakan antecedent event bagi seseorang.
- Belief (B)
Belif (B) yaitu keyakinan, pandangan, nilai atau verbalisasi diri
individu terhadap suatu peristiwa. Keyakinan seseorang ada dua macam, yaitu
keyakinan yang rasional (rational belif atau rB) dan keyakinan yang tidak
rasional (irasional belif atau iB). Keyakinan yang rasional merupakan cara
berfikir atau sistem keyakinan yang tepat, masuk akal dan bijaksana. Sedangkan
keyakinan yang tidak rasional merupakan keyakinan yang sistem berfikir
seseorang yang salah, tidak masuk akal dan emosional.
- Emotional consequence (C)
Emotional consequence (C) merupakan konsekuensi emosional sebagai
akibat atau reaksi individu dalam membentuk perasaan senang atau hambatan emosi
dalam hubungannya dengan antecedent event (A). Konsekuensi emosional ini bukan
akibat langsung dari A tetapi disebabkan oleh beberapa variable antara lain
dalam bentuk keyakinan (B) baik yang rB maupun yang iB.
Dalam buku Psikologi konseling dan terapy,
Corey memberinama REBT dengan RET. Menurut Corey (2005: 241) RET adalah aliran
psikoterapi yang berlandaskan asumsi bahwa manusia dilahirkan dengan potensi,
baik untuk berpikir rasional dengan jujur maupun untuk berpikir irrasional dan
jahat.
Pendekatan rational emotive merupakan
konseling yang menekankan kebersamaan antara berpikir dengan akal sehat
(rational thinking), berperasaan (emoting), dan berperilaku (acting), serta
sekaligus menekankan bahwa suatu perubahan yang mendalam dalam cara berpikir
dapat menghasilkan perubahan yang berarti dalam cara berperasaan dan
berperilaku (Winkell, 1997 : 429).
Berdasarkan pada apa yang telah dijelaskan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa konseling REBT adalah suatu bentuk bantuan terhadap klien melalui konseling individu yang berusaha memahami manusia sebagaimana adanya yang berhubungan dengan emosi, kognisi, dan perilaku yang memiliki potensi untuk berpikir rasional maupun irrasional dan konseling REBT ini merubah keyakinan irrasional menjadi rasional.
Berdasarkan pada apa yang telah dijelaskan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa konseling REBT adalah suatu bentuk bantuan terhadap klien melalui konseling individu yang berusaha memahami manusia sebagaimana adanya yang berhubungan dengan emosi, kognisi, dan perilaku yang memiliki potensi untuk berpikir rasional maupun irrasional dan konseling REBT ini merubah keyakinan irrasional menjadi rasional.
Tujuan Terapi
Dalam kontek teori kepribadian, tujuan konseling merupakan efek (E) yang diharapkan terjadi setelah dilakukan intervensi oleh konselor (desputing/D). oleh karena itu teori TRE tentang kepribadian dalam formula A-BC dilengkapi pleh Ellis sebagai teori konseling menjadi A-B-C-D-E(antecedent event, belief, emotional consequence, desputing, dan effect). Efek yang dimaksud adalah keadaan psikologis yang diharapkan terjadi pada klien setelah mengikuti proses konseling.
Peranan
dan fungsi terapi
Aktivitas-aktivitas terapeutik utama TRE dilaksanakan dengan satu maksud utama, yaitu membantu klien untuk membebaskan diri dari gagasangagasan yang tidak logis dan untuk belajar gagasan-gagasan yang logis debagai penggantinya. Sasarannya adalah menjadikan klien menginternalisasi suatu filsafat hidup yang rasional sebagaimana dia menginternalisasi keyakinan-keyakinan dagmatis yang irasional dan tahayul yang berasal dari orangtuanya maupun dari kebudayaannya.
Hubungan antara terapi dan klien
Pola hubungan pada konseling ini
berbeda denagn sebagian besar bentuk terapi yang lain. ide dasar pengembangan
hubungan adalah menolong klien dalam hal menghindari sifat mengutuk diri
sendiri. Disini terapis harus menunjukkan sifat penerimaan mereka secara penuh,
tidak ada hubungan yang membertikan arti utama paad kehangatan pribadi dan
pengertian empatik, dengan asumsi empatik bisa menjadi kontra produktif karena
bisa memupuk rasa ketergantungan. Tetpi terapis menekankan hubungan saling
mengerti dan membangun kerjasama dan terapis biasanya sanagt terbuka dan
langsung dalam mengungkapkan keyakinan dan nilai mereka sendiri (Corey, 1995:
475-476).
Tehnik
dan Proses Terapi
a. Teknik Emotive
Menurut Corey (1995) ada beberapa teknik
emotif, yaitu: (1) assertive training; digunakan untuk melatih, mendorong dan
membiasakan klien untuk secara terus menerus menyesuaikan dirinya dengan pola
perilaku sesuai dengan yang diinginkannya, (2) sosiodrama; digunakan untuk
mengekspresikan berbagai jenis perasaan yang menekan klien (perasaanperasaan
negatif) melalui suatu suasana yang dramatisasikan sehingga klien dapat secara
bebas mengungkapan dirinya sendiri baik secara lisan, tulisan ataupun melalui
gerakan-gerakan dramatis, (3) self modeling, digunakan dengan meminta klien
untuk berjanji atau mengadakan komitmen dengan konselor untuk menghilangkan
perasaan atau perilaku tertentu. (4) irnitasi, digunakan dimana klien diminta
untuk menirukan secara terus menerus suatu model perilaku tertentu dengan
maksud menghadapi perilakunya sendiri yang negative.
b. Teknik Behavioristik
Ada dua teknik behavioristik yaitu; (1).
Reinforment, digunakan untuk mendorong klien kearah perilaku yang lebih
rasional dan logis dengan jalan memberikan pujian verbal ataupun punishment,
(2) Social modeling, digunakan untuk menggambarkan perilaku –perilaku tertentu,
khususnya situasi-situasi interpersonal yang kompleks dalam bentuk percakapan
sosial, interaksi dengan memecahkan masalah-masalah.
c. Teknik Kognitif
Teknik kognitif yang cukup dikenal
adalah Home Work Assigment atau teknik tugas rumah, digunakan agar klien dapat
membiasakan diri serta menginternalisasikan sistem nilai tertentu yang menuntun
pola perilaku yang diharapkan.(Corey, 1995)
DAFTAR PUSTAKA
Corey
Gerald. 2003. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan
E.Koeswara. Bandung: Refika Aditama.
Latipun.
2001. Psikologi Konseling. Malang: UMM Pres.
Willis,
S. Sofyan. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung : CV.
Alfabeta.
www.psychologymania.com
W.S.
Winkel dan M.M. Sri Hastuti. (2004) Bimbingan dan Konseling di Institusi
Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Tiada ulasan:
Catat Ulasan